Kedatangan Kapal PERINTIS di Pelabuhan Carik menjadi perhatian Satgas COVID-19

ANYAR 14 April 2020 03:40:56 WIB

Kedatangan Kapal KM. BUKIT PATUNG (PERINTIS) yang berlayar dari Pelabuhan Badas-Sumbawa Besar menuju Pelabuhan Carik yang berlokasi Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara menjadi sebuah pusat perhatian Satgas COVID-19 Desa Anyar ditengah pandemi virus corona.

Meskipun kedatangan Kapal KM. BUKIT PATUNG bersandar di Dermaga Pelabuhan Carik hanya ± 1 jam, namun kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dari Penumpang maupun ABK menjadi pusat perhatian Satgas COVID-19 Desa Anyar beserta Satgas Puskesmas Bayan.

Besandarnya Kapal KM. BUKIT PATUNG (PERINTIS) tepatnya pukul 21.56 Wita (13/04/2020) di Dermaga Pelabuhan Carik hanya untuk menjemput dua orang penumpang asal Lombok Utara yang berinisial (A) dan (M). Disamping itu, terdapat satu orang penumpang yang berinisial (SB) yang sebelumnya berencana untuk pulang kekampung halaman dari Sumbawa menuju Sapeken, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur kandas ditengah pelayaran yang diakibatkan hal yang mendesak, sehingga mengharuskannya turun di Pelabuhan Carik.

Setelah ditanya oleh Tim Satgas COVID-19 Desa Anyar terkait pembatalan dirinya untuk pulang kampung, penumpang berinisial (SB) ini menjelaskan “bahwa ditenggah perjalanan ia di telepon oleh Pimpinan (BOS) untuk bekerja kembali di Sumbawa karena perusahaan masih kekurangan tenaga”, pungkasnya.

Terkait pembatalannya ia pun menambahkan, bahwa besok pagi (14/04/2020) ia akan melangsungkan perjalanan menuju Pelabuhan Kayangan untuk kembali berlayar menuju Pelabuhan Badas. Sembari menunggu terbitnya matahari, Bhabinkamtibmas Desa Anyar menawarkan kepada penumpang berinisial (SB) untuk menginap di Sektor Bayan agar pagi bisa dicarikan angkutan menuju Pelabuhan Kayangan tapi ia memilih untuk menginap di pondok penjaga Pelabuhan Carik.

Baik penumpang yang naik maupun yang turun, ketiga orang yang berinisial A, M dan SB tak luput dari pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas, disamping diperiksa oleh petugas Syahbandar yang hadir saat itu, petugas kesehatan dari Satgas Puskesmas Bayan juga melakukan pengecekan suhu tubuh kepada ketiga penumpang untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19) yang masuk di wilayah Desa Anyar Kecamatan Bayan.

Sementara penumpang-penumpang lain beserta ABK KM. BUKIT PATUNG (PERINTIS) tidak diperbolehkan untuk turun dari kapal selama tidak ada keperluan yang mendesak agar tidak meresahkan warga desa.

Komentar atas Kedatangan Kapal PERINTIS di Pelabuhan Carik menjadi perhatian Satgas COVID-19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi ANYAR

tampilkan dalam peta lebih besar