Musyawarah Penetapan RKP Desa Anyar Tahun Anggaran 2020

ANYAR 21 November 2019 00:00:26 WIB

ANYAR-LOMBOKUTARA.DESA.ID_Kegiatan tahunan yang biasa dilaksanakan pemerintah desa dalam mengelola keuangan desa, tak lepas dari penyusunan Rencana Pembangunan Desa (RKPDes) setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan dasar pemerintah desa dalam menyusun APBDes berdasarkan Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Meskipun penetapan Rencana Pembangunan Desa (RKPDes) yang seharusnya dilaksanakan selambat-lambatnya pada akhir bulan September tahun berjalan berdasarkan Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, akan tetapi Pemerintah Desa Anyar hanya dapat melaksanakannya pada bulan November tahun berjalan, mengingat padatnya kegiatan desa yang mengakibatkan sedikit molor penetapan RKP Desa.

Berkat kerja keras Tim Penyusun RKP Desa, pada Hari Rabu, 20 November 2019 Pemerintah Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara akhirnya dapat menggelar Musyawarah Penetapan Rencana Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2020 yang bertempat di Aula Kantor Desa Anyar, kegiatan musyawarah ini di hadiri oleh Kepala Desa Anyar, Sekretaris Desa, Kasi/Kaur dan Staf, Ketua beserta Anggota BPD, Kepala Dusun se-Desa Anyar, LPM, Karang Taruna, PKK, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Dokter Desa, Ketua P3A, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan serta perwakilan masyarakat desa.

Pelaksanaan musyawarah penetapan Rencana Pembangunan Desa (RKPDes) dipadu langsung oleh Sekretaris Desa Anyar yang merupakan Ketua Tim Penyusun Rencana Pembangunan Desa (RKPDes).

Dalam musyawarah penetapan RKP Desa, sesi diskusi dan tanya jawab sangatlah diutamakan oleh Sekretaris Desa selaku Ketua Tim Penyusun RKP Desa agar tercapainya pembangunan desa yang lebih optimal.

Terlihat jelas pada sesi tanya jawab, para peserta rapat/musyawarah sangat aktif dalam mengajukan berbagai pertanyaan, baik yang tertuang dalam Rancangan RKP Desa maupun yang tidak tertuang dalam Rancangan RKP Desa Tahun Anggaran 2020.

Dari sesi diskusi tersebut Tim Penyusun RKP Desa sedikit mendapatkan beberapa usulan skala prioritas yang tidak tertuang dalam Rancangan RKP Desa untuk ditambahkan dalam Rencana Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2020 dengan harapan dapat tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2020 mendatang.

Komentar atas Musyawarah Penetapan RKP Desa Anyar Tahun Anggaran 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi ANYAR

tampilkan dalam peta lebih besar