Hujan Tidak Kunjung Turun, Petani Terancam Gagal Panen

ANYAR 05 Maret 2019 14:26:33 WIB

Setelah sekitar satu bulan lamanya tidak diguyur hujan, ratusan hektare areal pertanian tadah hujan di Desa Anyar Kecamatan Bayan, terancam gagal panen. Mayoritas Tanaman jagung dan kacang yang biasanya ditanam para petani Desa Anyar di areal pertanian tadah hujan saat ini sebagian sudah layu dan mengering, sebagian lagi terancam akan layu apabila dalam dua minggu kedepan hujan tidak kunjung turun. Para petani pun diperkirakan mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Dipantau dari areal pertanian tadah hujan di Dusun Lokoq Balok Desa Anyar Kecamatan Bayan, Selasa tanggal 05 Maret 2019, tanaman jagung dan kacang yang sudah ditanam kurang lebih dua bulan di lokasi tersebut sudah mulai memperihatinkan. Bahkan sebagian di antaranya, sudah layu dan mengering.

Menurut para petani, kondisi ini terjadi akibat sudah kurang lebih satu bulan terakhir hujan tidak kujung turun di kawasan ini, disamping itu tanaman juga mengering disebabkan pupuk, karena pada saat pemberian pupuk terakhir pada tanaman jagung di areal pertanian ini sejak itu juga hujan tidak kunjung turun.

Karena hujan tidak kunjung turun sekitar satu bulan terakhir, tanaman jagung dan kacang di areal pertanian seluas sekitar ratusan hektare ini terancam gagal panen. Para petaninya pun mengalami kerugian cukup besar atau puluhan juta rupiah. Mulai dari biaya garap dan biaya pemeliharaan hingga usia tanaman saat ini sudah mencapai kurang lebih dua bulan semuanya terancam rugi total.

Petani pun berharap supaya dalam satu pekan kedapan akan adanya hujan lebat agar tanaman yang masih tersisa saat ini bisa dapat dipanen, dengan harapan bisa sedikit mengembalikan modal yang sudah cukup besar dikeluarkan dalam pembiayaan tanaman.

 

Komentar atas Hujan Tidak Kunjung Turun, Petani Terancam Gagal Panen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi ANYAR

tampilkan dalam peta lebih besar