Sejarah Desa

Anyar 29 April 2014 20:20:39 WIB

Desa Anyar berawal mula dari pemukiman warga terkecil di seputar Dusun Batu Menjangkong, yang pada jaman dahulu dinamakan Kekeliangan Batu Menjangkong. Dinamakan Batu Menjangkong karena disana ditemukan keberadaan Batu yang dari sejak awalnya ditemukan dalam posisi menjangkong (tegak berdiri) dalam istilah sejarahnya batu tersebut dinamakan “Menhir” yang merupakan tempat duduk Kepala Suku/Pemimpin Komunitas atau tempat duduk roh para leluhur dikala turun ke bumi sesuai dengan sistem kepercayaan animisme yang dianut masyarakat pada kurun waktu itu.

Perpaduan Kepercayaan animisme dengan mata pencarian warga komunitasnya yang bertani, dimana sebelum membuka (menempati lahan) terlebih dahulu selalu diawali dengan melaksanakan upacara “Membangar” dengan maksud untuk menyabarkan alam, terwujud dalam bentuk fisik yang disebut dengan “Sanggar ( Bangaran ) yang terletak tidak jauh dari keberadaan menhir yang kini masih ditemukan sampai sekarang bertempat di Dusun Batu Menjangkong Desa Anyar.

Setelah Kabupaten Lombok Barat yang dibagi dalam wilayah kedistrikan sekitar tahun 1919, maka salah satu dari sejumlah Kedistrikan itu adalah Kedistrikan Bayan yang meliputi 4 (empat) wilayah Pemusungan, termasuklah salah satunya adalah Pemusungan Anyar yang berkedudukan (Berkantor) di Desa Bayan sekarang. Dengan wilayah Pemusungan (Desa) Anyar pada waktu itu meliputi wilayah Desa Bayan, Desa Senaru, Desa Karang Bajo, Dan Desa Anyar sekarang ini.

Pada sekitar tahun 1969 Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melaksanakan program Pemekaran wilayah pada level Kedistrikan dan Pemusungan. Pada program pemekaran tersebut Asisten Distrik Bayan yang berkedudukan di Gondang membentuk Kecamatan (Kedistrikan) Gangga terpisah dari Kedistriakan Bayan dan sejak itulah istilah nama Kedistriakan berubah namanya menjadi istilah Kecamatan dan istilah Pemusungan berubah namanya menjadi Desa.

Adapun pada level desa, Desa Bayan sendiri terpisah dari Pemusungan (Desa) Anyar dan dari sejak pemekaran desa itulah kedudukan Ibukota Desa Anyar kembali dan berkantor di Desa Anyar dengan nama-nama Kepala Desa Anyar yang menjabat dari tahun 1969 s/d sekarang ini :

NO

NAMA

MASA JABATAN

KET.

1.

RADEN NYAKRAWAJI

1969 s/d 1980

PENUNJUKAN

2.

RADEN KERTAMUNTUR

1980 s/d 1989

PEMILIHAN

3.

H. ITRATI ROHADI

1989 s/d 1995

PEMILIHAN

4.

RADEN WIRYA KUSUMA

1995 s/d 2002

PEMILIHAN

5.

WINDI ALBAYANI, S.SOS

2002 s/d 2013

PEMILIHAN

6.

RITANOM, SH

2013 s/d 2019

PEMILIHAN

Pada era Orde Baru dicanangkanlah pembangunan desa dalam tahapan PELITA melalui Strategi “Lomba Desa” dan pada lomba desa tersebut diharapkan kepada masing-masing Desa membuat “Logo dan Motto Desa” sebagai identitas desa yang bersangkutan.

Melalui seminar/Musyawarah Desa, maka Motto Desa Anyar disepakati dengan “NINA DINA PINA” yang terdiri dari tiga kosa kata lokal, diangkat dari ungkapan tradisional yang menjadi kwalitas dan ciri khas masyarakat Bayan pada umumnya dan Desa Anyar pada khususnya yang dikenal dengan ungkapan “Gumi Bayan, Gumi Nina” mengandung pengertian sesuai dengan motto tersebut di atas :

  1. NINA artinya wanita, wanita dalanm arti memiliki kecendrungan sifat kehalusan dan kelembutan.
  2. DINA artinya waktu, dalam pengertian sebagai proses untuk merubah kecendrungan identitas menjadi kesejatian kwalitas.
  3. PINA artinya ibu, ibu dalam arti ibu rumah tangga yang memiliki sifat keibuan, kelembutan, kebersamaan/keutuhan dan kedamaian.

Jadi pengertian dari Motto Desa Anyar dengan kosa kata “NINA DINA PINA” adalah melalui proses perjalanan waktu, maka kecendrungan identitas dapat berubah menjadi kesejatian. Lebih-lebih dalam era demokratisasi, transparasi sekarang ini, sesuai dengan motto desa tersebut, masyarakat Desa Anyar dalam menyampaikan tuntutannya lebih baik memilih menggunakan unjuk rasa damai dari pada cara-cara kekerasan yang bersifat anargis.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi ANYAR

tampilkan dalam peta lebih besar